Sabtu, 09 Juni 2012

PROPOSAL Penawaran Program Pelatihan OutBound Management Training Yogyakarta

PROPOSAL  Penawaran Program Pelatihan  OutBound Management  Training Yogyakarta..
Saat ini, kegiatan outbound atau outbound manajemen training semakin digemari oleh banyak kalangan, karena outbound merupakan salah satu metode pembelajaran melalui experiental learning. Meski dalam bentuk aplikasi game­-game yang ringan, setiap game dalam kegiatan outbound mengandung makna yang dalam, filosofis, dan sarat akan pesan-pesan simbolik yang bermanfaat serta membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan di tingkat individu maupun kesuksesan tim/kelompok.

Metode outbound dipercaya bukan hanya merupakan sebuah tren dalam metode pelatihan, namun telah dikaji sebuah metode yang paling efektif dalam mengakomodasi / kebutuhan tuntutan terhadap hasil suatu pelatihan. Banyak pula yang menganggap, bahwa meyakini metode ini efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun prilaku. Itulah alasannya mangapa dalam quantum learning, metode ini menjadi metode andalan di dalam belajar dan terbukti berhasil.

Banyak pakar psikologi dan pendidikan yang menyatakan bahwa outbound sebagai sebuah metode pembelajaran sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan/tuntunan terhadap hasil pelatihan tersebut.

Ada berbagai alasan mengapa metode OMT (Outbound Manajemen Training) dipakai, antara lain :
    * Metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan yang komplek yang dibuat menjadi sederhana. Pada dasarnya segala bentuk aktivitas di dalam pelatihan adalah bentuk sederhana dari kehidupan yang sangat kompleks.
    * Metode ini menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman (experiental learning). Oleh karena adanya pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena, orang dengan mudah menangkap esensi pengalaman tersebut.
    * Metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan. Ciri ini membuat orang merasa senang di dalam melaksanakan kegiatan pelatihan.
    * Mengapa “OUTDOOR” ? Pendekatan dengan aktifitas outdoor dapat mengakomodasi pembelajaran model orang dewasa yaitu belajar dari apa yang dialami (action), yang mana praktisasinya dihubungkan (Reflection) dengan permasalahan hidup sehari-hari. Pelatihan dengan media outdoor memberikan beberapa nilai tambah, metode ini terbukti efektif . Karena berbeda dengan pelatihan dalam ruangan (indoor) yang konvensional dan hanya menyentuh aspek kognisi saja. Ruang terbuka (Outdoor) merupakan media atau prasarana yang memberikan keleluasaan baik pada gerak fisik (psikomotorik), maupun emosi (afeksi) dan berpikir (kognisi) bagi pesertanya.
    *Sedangkan Metode Pembelajaran Orang Dewasa dipilih karena orang dewasa dalam belajar memiliki beberapa ciri, antara lain :
    * Tidak menyukai suasana yang formal, karena suasana yang formal dalam belajar mengekang proses berpikir. Sedangkan bila suasananya informal dapat terjadi pertukaran ide secara luas.
    * Orang dewasa selalu ingin memecahkan masalah, aktifitas diluar ruang selalu memiliki problema yang menantang untuk dipecahkan.
    * Orang dewasa akan mengalami kemajuan bila menghadapi masalah-masalah yang nyata, dan dapat mempraktekkan apa yang dimilikinya untuk memecahkan masalah tersebut.
    * Orang dewasa selalu mencari manfaat dari apa yang dialaminya.

TEMA PROGRAM

    * Pengembangan Kerjasama Kelompok ( Team Building/ Work )
    * Pengembangan Kepemimpinan ( Leadership )
    * Pengembangan Budaya Organisasi ( Culture Development )
    * Pengelolaan Komunikasi ( Managing Communication )
    * Perencanaan Strategi ( Strategic Planning )
    * Pengembangan Diri ( Personal Development )
    * Pemecahan Masalah ( Problem Solving )
    * Pengembangan Kepercayaan Diri ( Self Confidance )

Selain Tema Program yang telah baku diatas, kami juga menyediakan paket pelatihan berdasarkan pesanan, dimana klien dapat menentukan “tema” kemudian kami akan mendesain pelatihan yang sesuai dengan tujuan tema tersebut.

MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM

    * Mengetahui dan memahami adanya “individual differences” yaitu tiap individu adalah unik.
    * Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri “Self Assessment” bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pada pilihan-pilihan kita.
    * Meningkatkan kepekaan “Self Awareness” terhadap orang lain.
    * Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil resiko “Risk Taking Behavior”.
    * Meningkatkan ketrampilan komunikasi.
    * Mampu membuat perencanaan dengan pertimbangan resiko dan konsekuensinya.
    * Mampu membentuk tim yang efektif / kekompakan.
    * Meningkatkan kemampuan kepemimpinan.
    * Menumbuhkan sikap ksatria dan sportif.

SASARAN PROGRAM

    * Program Pelatihan Eksekutif (Eksecutive Training Program)

Program Pelatihan Eksekutif dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri (analisis internal), mengenal kondisi luar (analisis eksternal), menyusun berbagai strategi, mengkomunikasikannya dan mengimplementasikannya.

    * Program Pelatihan Staff Administrasi (Administratif Staff Program)

Program Pelatihan Staff Administrasi (Administratif Staff Program) dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri, dan kondisi lingkungan, serta sebagai media untuk mengembangkan kerjasama dan kualitas kinerja.

    * Program Pelatihan Profesi (Profesion Training Program)

Program Pelatihan Profesi (Profesion Training Program) dirancang sebagai media untuk mengenal kemampuan diri dan kondisi lingkungan, menyusun langkah kerja (strategi), melatih melakukan terobosan (inovasi), serta mengembangkan profesionalisme.

    * Pogram Pelatihan Pemuda/Pendidikan/Organisasi (Youth/Education/Organitation Planning Program)

Pogram Pelatihan ini dirancang dengan memanfaatkan berbagai tantangan dan petualangan yang menarik sebagai media untuk mengenal kemampuan diri (analisis internal), memformulasikan dan mengimplementasikan strategi, serta melakukan berbagai terobosan (inovasi) dan meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim.

BENTUK PROGRAM PELATIHAN & PERMAINAN

TEAM BUILDING GOAL

Program ini menunjukakan bahwa kerjasama adalah suatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian tujuan. Berbagai permasalahan akan dihadapi oleh peserta dimana mereka tidak mungkin menghadapinya sendiri. Saling tergantung, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini. Program ini sangatlah cocok bagi suatu perusahaan yang biasa bekerja dalam suatu tim kerja.

LEADERSHIP GOAL

Program pelatihan ini mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta. Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari – hari. Pelatihan ini sangatlah berguna bagi mencari bakat pemimpin yang terpendam.


OUTBOUND TRAINING & TAMASYA

Pelatihan ini akan banyak mempergunakan alam bebas (out door) sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akan dilakukan dengan komposisi 70% di alam terbuka dan 30% diskusi kelompok (group discussion) sebagai penunjang dari setiap kegiatan.

Selain Program pelatihan yang telah baku diatas, kami juga menyediakan paket pelatihan berdasarkan pesanan, dimana klien dapat menentukan “main-goalnya” kemudian kami akan mendesain pelatihan yang sesuai dengan tujuan tersebut.

JENIS & SIFAT PROGRAM OUTBOUND MANAJEMEN TRAINING

Soft Game

Permainan yang memiliki resiko ringan atau permainan yang biasa dan bermutu serta berbobot. Bisa dilakukan out door atau indoor.

Hard Game

Permainan yang memiliki resiko tinggi seperti ascending, descending, flying fox, dll. 100 % dari jenis game ini dilakukan di out door.

GAMBARAN PROGRAM OUTBOUND MANAJEMAN TRAINING

    * Media kegiatan yang digunakan adalah aktifitas luar ruang, berupa permainan yang fun & challenging disesuaikan dengan memperhatikan kapasitas fisik serta usia peserta program.
    * Karakteristik kegiatan juga disesuaikan dengan tujuan program liburan alternatif, agar dapat mengakomodasi media belajar.
    * Kegiatan yang dilakukan mengikuti kaidah Safety Procedure, yang dijalankan mulai dari Briefing dan persiapan, latihan dan pelaksanaan aktifitas.
    * Menggunakan Peralatan Standar yang berkualitas Internasional.
    * Didampingi Instruktur yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi sebagai “Outdoor Training Expert” .

Dengan metode pembelajaran eksperiental atau lebih dikenal dengan “Learning by Doing”, Peserta akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sehari – hari, dan juga membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin tinggi sehingga implementasinya juga semakin mudah.

Aktifitas yang menyenangkan dan menarik adalah “katalis” bagi peningkatan motivasi dan partisipasi seseorang, dimana motivasi yang tinggi dan partisipasi yang aktif adalah karakterisitik orang yang produktif. Aktifitas outdoor memiliki potensi untuk mendobrak dinding kekakuan yang membatasi dirinya untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal inilah yang akan mendorong peningkatan motivasi dan partipasi karyawan setelah kembali lingkungan kerjanya.

Setelah melaksanakan kegiatan ini peserta program diharapkan dapat menciptakan suasana kerja yang lebih baik, meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakkan.

Walaupun sebagian besar pelatihan dilakukan di alam terbuka, kami tetap mempertahankan tingkat keselamatan yang tinggi dimana kami selalu membekali para fasilitatoir dengan pengetahuan tentang PPPK.

ETIMASI BIAYA DAN HASIL YANG DICAPAI

Biaya yang dikeluarkan perusahaan guna pelatihan ini sebenarnya adalah suatu investasi jangka panjang terhadap sumber daya manusia atau karyawan perusahaan itu sendiri. Keuntungan yang didapat dari mengikuti kegiatan ini akan dikembalikan lagi kepada perusahaan berupa peningkatan kinerja karyawan, pembentukan team yang kompak dan performance karyawan yang semakin meningkat, dimana keuntungan tersebut bervariasi tergantung dari kebutuhan perusahaan, lama pelatihan dan fasilitas yang dikehendaki.

Untuk biaya penyelenggaraan Pelatihan Outbound Manajemen Training ini nilainya menyesuaikan tergantung dari fasilitas yang diinginkan.

Perincian/perhitungan biaya akan disampaikan kemudian setelah konsolidasi dengan klien terlaksana. Semua biaya menyesuaikan kondisi dan paket yang dipilih.

PILIHAN TEMPAT / LOKASI
PILIHAN TEMPAT / LOKASI
  • Wisma daerah Obyek Wisata Kaliurang
  • Wisma daerah Obyek Wisata Pantai Parangtritis
  • Wisma daerah Obyek Wisata Pantai Baron
  • Wisma daerah Hutan Wanagama Gunung Kidul
  • Bumi Perkemahan Wonogondang/ Senolewah /Cangkringan Sleman
  • Bumi Perkemahan Cangkringan Sleman
  • Bumi Perkemahan Karang Pramuka Kaliurang Sleman
  • Bumi Perkemahan Kalikuning Cangkringan Sleman
  • Bumi Perkemahan Hutan Bunder Gunung Kidul
  • Bumi Perkemahan Gama Giri Imogiri Bantul
  • Bumi Perkemahan Pantai Glagah Kulon Progo
  • Bumi Perkemahan Babarsari Sleman
  • Obyek Wisata KRKB Gembira Loka Yogyakarta
  • Obyek Wisata Pantai Krakal, Kukup dan Sundak
  • Obyek Wisata PPSJ Kulon Progo
  • Obyek Wisata di Kota Yogyakarta ( Kraton, Tamansari, Benteng Vredebrug, dll )

KETENTUAN ORDER
KETENTUAN ORDER
  • Informasi tentang penggunaan jasa paket ini diharapkan dapat kami terima maksimal 3 minggu sebelum rencana pelaksanaan kegiatan.
  • Data teknis dan pengembangan kegiatan akan disesuaikan kemudian dengan permintaan klien.
  • Setelah terjadi kesepakatan, akan ditandangani sebuah kontrak kerjasama antar kedua belah pihak maksimal 14 hari sebelum pelaksanaan kegiatan
  • Uang muka (DP) biaya penggunaan jasa sebesar 30% dari total biaya dimohon untuk dapat dibayarkan secara cash atau melalui transfer ke rekening perusahaan bersamaan dengan penandatangan perjanjian kerjasama.
  • Pelunasan total biaya mohon untuk dibayarkan saat pelaksanaan kegiatan.

PENUTUP

Kami sangat menghargai komitmen anda atas usahanya untuk mengembangkan kualitas SDM. Kami percaya bahwa program kami merupakan salah satu alat untuk mencapainya. Selain itu, kami sangat terbuka jika ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu didiskusikan lebih lanjut.

Demikianlah pengajuan penawaran pelatihan ini kami sampaikan sebagai bentuk kepedulian dan penawaran untuk berkembang bersama dalam meningkatkan sumber daya manusia yang dapat diunggulkan. Dengan harapan, setelah mengikuti kegiatan – kegiatan kami tersebut, dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas sumber daya manusia (SDM).

Semoga dapat menjadi acuan dalam menyelenggarakan kegiatan. Terima kasih.


INDO OUTBOUND YOGYAKARTA
The Real Outbound Asli Kota Jogja with Affordable Cost